Nasional

Polisi Buru Pembuat Video Hoaks Panglima TNI Dukung Capres Anies Baswedan

Jakarta, Ruangpers.com – Polda Metro Jaya tengah berkoordinasi dengan Markas Besar (Mabes) TNI guna mengusut, dan memburu pelaku penyebar video hoaks yang menarasikan Panglima TNI mendukung capres Anies Baswedan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, pihak TNI telah mengantongi identitas pelaku penyebar hoaks. Untuk itu, pengusutan kasus oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus akan berkoordinasi dengan jajaran TNI.

“TNI udah kantongi identitas, bakal kordonasi tentunya, dalam proses pengambilan keterangan verbal dan lain-lain, tentu akan dilakukan upaya ini secara maksimal oleh penyidik,” kata Trunoyudo kepada wartawan.

Dihubungi secara terpisah, Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) TNI Laksamana Muda Julius Widjojono enggan berkomentar lebih dalam, terkait apakah pihaknya telah mengantongi identitas pelaku atau belum.

“Sabar ya semoga segera terungkap,” kata Julius kepada MNC Portal, Kamis (25/5/2023) malam.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Namun ia memastikan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya dalam pengusutan kasus penyebaran hoaks tersebut.

“Pasti (berkoordinasi). Nanti temen-temen polisi yang melanjutkan ke tahapan hukum. Tapi tunggu kepastian dari tim ya,” ucapnya.

Sebagai informasi, video deklarasi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono kepada Anies Baswedan beredar di sosial media. Mabes TNI pun menegaskan bahwa unggahan di kanal YouTube ‘menara istana’ itu adalah hoaks.

Diketahui, akun youtube tersebut mengunggah video dengan judul ‘dipimpin langsung panglima yudo Margono!! Ribuan TNI resmi deklarasikan Anies presiden 2024’.

“Video berdurasi delapan menit dan tiga detik, dipastikan merupakan informasi bohong atau hoaks,” bunyi keterangan pers Mabes TNI, dikutip Jumat (19/5/2023).

Mabes TNI memastikan bahwa informasi dalam video tersebut direkayasa, sehingga seolah-olah Panglima TNI beserta prajurit hadir bersama Anies Baswedan dalam kegiatan olahraga.

Padahal, peristiwa itu terjadi dalam waktu dan tempat yang berbeda. Kegiatan olahraga Anies Baswedan berlangsung di Kopassus pada 9 November 2019 saat beliau menjabat Gubernur DKI.

Sementara, video Laksamana Yudo Margono, merupakan kegiatan apel gelar pasukan kesiapsiagaan TNI Angkatan Laut di JICT Tanjung Priok tanggal 23 November 2020.

 

 

Sumber : Okezone.com

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Ulang Tahun Ke 43, Kapolres Pematangsiantar Berbagi Tali Asih Ke Panti Asuhan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, kunjungan silaturahmi sekaligus berbagi…

12 jam ago

12 Hari Menikah Selalu Menolak Diajak Berhubungan, Ternyata Istriku Laki-laki

Cianjur, Ruangpers.com - AK (26) pemuda asal Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur, ternyata menikahi seorang…

12 jam ago

Dua Siswa Humbang Hasundutan Tampil di FTBIN Jakarta

Jakarta, Ruangpers.com - Dua (2) orang siswa utusan dari Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) ikut tampil…

12 jam ago

Kasus Perkelahian Berakhir di Polsek Siantar Utara dengan Mediasi

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Utara melalui Ka. SPKT, AIPTU Abiden Manurung bersama Bhabinkamtibmas, AIPDA…

21 jam ago

Sepeda Motor Vega R Tabrakan dengan Angkutan Umum di Simpang Jalan Surabaya Siantar, 1 Orang Meninggal Dunia

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui Unit Gakkum Sat Lantas lakukan olah Tempat Kejadian Perkara…

21 jam ago

Bhabinkamtibmas Polsek Siantar Martoba Selesaikan Perkara Selisih Paham Warga

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polsek Siantar Martoba - Polres Pematangsiantar melalui Ka. SPKT dan Bhabinkamtibmas Kelurahan…

22 jam ago