Nasional

Cara Jual Uang Koin 1000 Kelapa Sawit, Segini Harganya Jika Ditukar ke Bank

Jakarta, Ruangpers.com – Inilah cara jual uang koin 1000 kelapa sawit. Uang lama atau uang kuno memang sering menjadi barang koleksi bagi segelintir orang.

Meski fungsinya sebagai alat tukar yang sah sudah tidak bernilai, uang kuno digemari para kolektor untuk dikoleksi dan sering menjadi bagian dari hobi.

Tak sedikit cerita tentang para kolektor yang rela merogoh kantong cukup dalam demi uang kuno pecahan atau edisi tertentu.

Bahkan, sering digembar-gemborkan bahwa uang jenis tertentu memiliki harga hingga jutaan rupiah. Salah satu uang lama yang sering banyak dicari dan diyakini laku dijual mahal adalah pecahan Rp1000 bergambar kelapa sawit. Oleh sebab itu, tidak sedikit orang yang sengaja memburu jenis uang tersebut untuk kemudian dijual kembali.

Melansir dari Okezone.com,  uang bergambar kelapa sawit tersebut memiliki nama resmi dari Bank Indonesia yakni Uang Logam Bank Indonesia. Selain gambar kelapa sawit di satu sisi, di sisi yang lain terdapat relief teks: BANK INDONESIA dan gambar Burung Garuda. Uang tersebut diterbitkan BI pada 8 Maret 1993 dengan tahun emisi 2010.

Advertisement. Scroll to continue reading.

Bahannya terdiri dari dua jenis yakni lingkar Cupro Nikel di bagian lingkar luar dan Aluminium Bronze di lingkar dalam.

Oleh sebab itu, uang yang memiliki berat berat 8,60 gr itu dianggap unik dan memiliki nilai jual bagi para penghobi. Namun, tentunya banyak juga yang masih bingung bagaimana cara menjual uang tersebut. Untuk itu, berikut ini adalah ulasannya.

Cara Jual Uang Koin 1000 Kelapa Sawit

1.Kolektor uang kuno 

Uang logam pecahan Rp1000 dengan gambar kelapa sawit bisa dijual ke kolektor yang meminati jenis uang tersebut. Tentu, tidak ada taksiran pasti untuk harga uang tersebut. Kolektor mungkin berani membayar mahal jika memang uang tersebut benar-benar yang mereka incar. Kolektor uang kuno bisa ditemukan di komunitas-komunitas atau internet.

2.Komunitas Penggemar Uang Kuno 

Komunitas penggemar uang kuno merupakan kumpulan kolektor, pegiat, serta pencinta uang lama. Mereka mungkin saja berminat untuk membeli uang-uang kuno pecahan Rp1000 kelapa sawit jika memang itu mereka incar.

3.Pedagang Uang Kuno

Pedagang uang kuno bisa berperan layaknya penadah atau pengepul uang lama yang menerima berbagai jenis uang-uang kuno untuk dijual kembali. Kita bisa menemukan mereka di berbagai kawasan di kota-kota tertentu atau mungkin di pinggir-pinggir jalan.

4.Marketplace

Untuk jangkauan yang lebih luas, menjual uang kuno bisa dilakukan marketplace atau platform jual beli online. Banyak sekali platform jual beli yang bisa digunakan untuk menawarkan uang 1000 kelapa sawit.

5.Media Sosial 

Media sosial juga menjadi platform yang cukup ampuh untuk berjualan. Kita juga bisa mengiklankan koleksi uang kuno di laman media sosial agar bisa dilihat banyak orang dan barangkali ada yang berminat membelinya.

6.Ditukar ke Bank

Siapa sangka, bank ternyata bisa menjadi pilihan.  Namun, perlu diingat bahwa bank tidak mungkin membeli uang kuno, tetapi hanya akan mengganti uang lama tersebut dengan uang baru dengan nilai yang sama.

Itu pun, uang yang diterima bank adalah uang-uang yang beredar pada periode tertentu saja. Misalnya, pada tahun 2018 BI mengumumkan bahwa masyarakat bisa menukar uang keluaran tahun 1998-1999 dengan uang edaran terbaru.

Itulah sekilas ulasan mengenai cara menjual uang kuno pecahan Rp1000 bergambar kelapa sawit. Anda tertarik menjual atau menukarnya saja ke bank?

 

Sumber : iNews.id

 

 

Ruangpers.com

Leave a Comment

Recent Posts

Tampang Nenek di Labuhanbatu yang Ditangkap Jual Sabu

Labuhanbatu, Ruangpers.com - Seorang nenek di Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara (Sumut) berinisial MS alias Bou…

6 jam ago

Dua Unit Sepeda Motor “Laga Kambing” di Simalungun, 1 Orang Tewas, 2 Lagi Luka-luka

Simalungun, Ruangpers.com – Unit Sat Lantas Polres Simalungun melalui Unit Gakkum, mengevakiasi dua sepeda motor…

6 jam ago

Ini Kata Kapolres Pematangsiantar Saat Curhat Kamtibmas Kopi Siantar Man

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, laksanakan Curhat Kamtibmas dinamakan…

7 jam ago

Polsek Siantar Utara Gagalkan Aksi Tawuran Antar Remaja di Simpang Apil Dayok Mirah

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Polres Pematangsiantar melalui Polsek Siantar Utara gerak cepat berhasil gagalkan rencana aksi…

7 jam ago

Ulang Tahun Ke 43, Kapolres Pematangsiantar Berbagi Tali Asih Ke Panti Asuhan

Pematangsiantar, Ruangpers.com - Kapolres Pematangsiantar, AKBP Yogen Heroes Baruno SH, SIK, kunjungan silaturahmi sekaligus berbagi…

21 jam ago

12 Hari Menikah Selalu Menolak Diajak Berhubungan, Ternyata Istriku Laki-laki

Cianjur, Ruangpers.com - AK (26) pemuda asal Desa Wangunjaya, Kecamatan Naringgul, Cianjur, ternyata menikahi seorang…

21 jam ago